Sabtu, 30 November 2013

Kemudahan Transanksi Internet Banking

pernakah anda melakukan transaksi tunai di bank, atau di ATM, jika pernah pasti anda akan pernah merasakan bosan dan bercapek-capek karena harus mengantri lama di teller atau di ATM saking banyaknya pengguna layanan tersebut.

dunia semakin berkembang, dan orang-orang pun berpikir untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi pada era kekinian, orang-orang terus berpikir untuk memberikan fasislitas terbaik untuk memberikan kemudahan kepada manusia. termasuk dalam hal transaksi tunai di bank yang kini sudah mulai tergeser perannya oleh 'Internet Banking.'


Internet Banking, sebuah layanan dari perusahan perbankan untuk lebih memudahkan nasabahnya melakukan transaksi tunai tanpa harus berlelah-lelah dengan panjangnya antrian di bank. dengan hanya menggunakan fasilitas Internet fia mobile maupun Personal computer, seorang nasabah bisa mengakses sendiri data rekeningnnya sekaligus dapat langsung melakukan transaksi dengan sekali 'klik'.

saya termasuk orang yang menggunakan layanan internet banking, dan saya merasakan berbagai kemudahan yang diberikan olehnya. tanpa perlu pulang pergi ke bank atau ATM, saya bisa mentransfer dana, sekaligus melakukan pengecekan  terhadap dana yang masuk ke rekening saya. disamping itu berbagai layanan lainya tersedia didalamnya yg masing-masing perusahaan perbankan menyediakan fasilitas yang berbeda.

amankah ?

tentu pihak perbankan telah menyiapkan perlindungan yg ekstra terhadap layanan tersebut. khusus bank Muamalat (saya pengguna Bank Muamalat), setelah beberapa kali ke kostumer servis untuk menanyakan langsung, pihak IT Bank Muamalat mengsetting dengan menggunakan fasilitas notifikasi untuk setiap transaksi yang akan dilakukan, jika kita ingin melakukan mutasi rekening, apakah tranfer dana, layanan prabayar dll, maka akan ada pemberitahuan dari pihak bank sekaligus kode yang dikirm ke no seluler yang di daftarkan pada saat registrasi untuk melanjutkan transaksi tersebut, tanpa kode tersebut (khusus bank muamalat disebut 'Mpass code) maka transaksi tidak akan bisa di proses. selain itu untuk memproteksi dari pencobaan 'login ilegal', seperti keamanan pada umumnya, jika melakukan kesalahan 3 kali berturut maka otomatis rekening kita akan terblokir.

namun walaupun demikian bukan berarti Internet Banking sudah aman 100 %, tentu tidak, karena disana akan ada pula orang-orang yang berpikir memanfaatkan fasilitas ini untuk hal-hal yang buruk. tentu kita tidak mau menjadi korban oleh mereka. jangankan hanya bank, situs resmi pemerintah, bahkan percakapan seluler pun dapat disadap oleh mereka. 

oleh karena itu hendaklah kita terus berhati-hati dalam melakukan setiap transaksi, dan ingat !!! jangan login di jaringa yang digunakan secara umum, seperti warnet, wifi dll. 

demikian sedikit informasi yang bisa saya share, semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih